Kisah Betari yang tidak memiliki batik

Bicara soal batik, aku punya satu pengalaman menarik soal batik. Adalah bahwa...I don't own any batik! Maaaann...Sebagai salah satu anak bangsa Indonesia aku merasa gagal. Sudah dipertahankan sedemikian rupa turun temurun sampai di-klaim supaya tidak diambil negara tetangga...Aku pun masih juga belum punya. Selama ini aku selalu pinjem kalau ada acara yang mengharuskan memakai batik. Betapa aku sungguh durjana.

Jadi pada hari senin yang cerah, aku memutuskan untuk membeli batik! Pasar Beringharjo adalah tujuan di hari itu.


Aku terpana, baru sekarang ini aku bener-bener lihat motif batik dengan seksama. Ternyata cantik-cantik kalo diperhatiin pelan-pelan. Ada kali aku 3 jam di pasar ini. Berbincang-bincang dengan beberapa pedagang, aku jadi tau kalau motif batik itu banyak banget dan semua punya filosofi sendiri-sendiri yang asik buat didalami. Misal: motif  sidomukti artinya harapan mencapai kebahagiaan lahir batin, biasa dipakai pengantin. Motif parang barong, yang adalah motif kebesaran sakral punya raja. Itu baru batik jawa, belum lagi masih ada batik bali, cirebon, jepang, dan masih buanyak lagi sampe bingung @.@

Dan masih ada batik-batik motif modern yang warnanya lebih cerah dan motifnya lebih kaya, "Banyak variasi supaya batik jadi lebih menarik" kalau kata seorang penjual.



Yak, dan akhirnya aku punya batik juga *bahagia. Murah tapi bagus, classic but edgy. Sekarang malah aku jadi kepengen punya lebih banyak variasi pakaian dari kain batik (atasan, bawahan, dress, jarik, sarimbitan, dsb dsb) ha ha ha dasar cewek.

Anyway, kalau merasa sulit mencari di tengah keramaian dan males desak-desakan dengan ibu-ibu gengges, mungkin akan lebih cocok untuk mencari di online. Thanks to technology, kita bisa gampang nyari barang, termasuk batik-batik cantik, salah satunya di Zalora, yang jual bermacam-macam batik solo. I must admit they look really good, not only because they mix batik with modern cut, but also they choose a nice pattern, and all of these batiks are lovely! ♥ 

Soooo...dengan membeli batik dan memakainya dengan bangga, aku merasa sudah melakukan sesuatu untuk melestarikan kebudayaan yang turun temurun ini. Do small things for great things further. Yay!


This entry was posted on Tuesday, September 16, 2014 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...