Travel Note - Pulau Sempu (2011)

Happy sun... *hatchiimmm* ...day. Yaowoh minggu-minggu malah penyakitan. well, kalo lagi berbaring di tempat tidur begini yang malah bikin kepengen main-main jauh. Ngomong-ngomong soal main jauh...jadi inget Pulau Sempu :D dulu, Juni 2011 aku sama temen-temen pernah ke sana, backpaker-an pertamaku! hehehe. Hmm, boleh lah ya aku cerita sedikit soal tempat itu...sebenernya kepancing blog temenku juga sih yang bahas soal travel gitu, ya apa salahnya lah... :p

Pulau Sempu letaknya masih di wilayah malang, selatannya pulau Jawa. Buat menuju ke pulau itu harus sampe ke Pantai Sendang Biru, biar nanti disebrangin nelayan. So, aku dan beberapa temenku memutuskan untuk menghabiskan liburan di sana!

Dari Stasiun Lempuyangan pake kereta ekonomi ke Gubeng, Surabaya. Habis itu lanjut ke Malang. Sebenernya bisa sih naik kereta langsung ke Malang, tapi penuh dan ga dapet tiket :( Oh iya, kalo mau backpakeran, itung-itungan paling enak menurutku adalah 6-8 orang. Ga terlalu rame dan ga terlalu dikit, juga menghemat biaya karena bakal banyak patungan :)) 

pagi-pagi di Malang makan soto

Kemudian dari stasiun Malang, rombongan kami nyarter angkot buat sampe ke Pantai Sendang Biru, aku pikir ga akan terlalu lama. Tapi aku salaaaaaaaaahh!!! ternyata perjalanan memakan waktu 4-5 jam kalo dari stasiun, itu ternyata jauh bok. Dan jalannya belok-belok zig-zag fantastis. Aku yang emang lemah sama perjalanan pake mobil langsung mual, satu-satunya jalan adalah minum Antimo, kemudian tidur. Grooookk...Eh tau-tau udah sampe Sendang Biru! Thank God :')

pose sebelum nyebrang ke Pulau Sempu







Nah pertama-tama waktu sampe Sendang Biru yang perlu dilakukan adalah mengurus perizinan ke petugas di daerah situ, kemudian ada sedikit bayar-bayar. Setelah dapet ijin terus masih harus ngelobby perahu nelayan lagi, yak di situ juga harus merogoh kocek sedikit lagi, tapi trust me, kalo patungannya banyak jadi ga berasa.

let's go!



Habis disebrangin sampai tepi pantai Pulau Sempu, dari situ harus jalan sampai ke Segara Anakan, pantai di tengah Pulau Sempu yang jadi kunjungan utama. Daripada jalan mungkin lebih pas disebut tracking, karena emang agak sulit jalannya -____-" yah 2 jam lah baru sampe ke pantainya. Tapi rasanya jadi seneng banget waktu sampe ke pantainya dan menginjakkan kaki di pasirnya. Pasirnya warna putih tapi lembut, beda sama pasir pantai-pantai di Wonosari yang putih tapi kasar. Lebih seneng lagi adalah sampai sana pas pantai lagi bagus-bagusnya, jam setengah 5 sore, golden time for golden sun :") Duh pokoknya worthed banget deh. Sayang ga ada fotonya pas itu...

penampakan Pantai Sempu dari atas *sorry for the minor quality :(
Kami bermalam di Sempu, cukup banyak kegiatan yang dilakukan. Mulai dari mainan air di pantai, foto-foto, nunggu sunset, snorkling liat ikan-ikan laut, pipis diliatin monyet, masak sambil kena pasir yang ketiup angin, tidur jejer sama temen-temen sambil ngobrol di bawah milyaran bintang (untung banget cerah!), nunggu sunrise sambil ngopi.

Aaaaaaa....tapi sayang cuma sehari, karena temen kami satu ada yang keburu harus pulang ngurusin hal berbau kampus. Padahal bahan makanan masih banyak, walhasil semua di-combine dan menghasilkan satu makanan yang aneh bentuknya dan punk rasanya. Setelah perut terisi dan kami semua berenergi, kami tracking kembali menuju tepi pantai, di mana akhirnya ketemu sinyal walaupun sendrat-sendrut. Di sana kami menelepon nelayan yang kapalnya kami sewa kemarin untuk menjemput di tepi pulau.

full team sebelum balik ke peradaban :')
hitam dan bahagia
jangan lupa sampahnya dibawa pulang demi kelestarian alam

Setelah kembali ke Sendang Biru, kami ke terminal dianter angkot carteran. Hari itu kami semua pulang ke Yogyakarta dari Malang dengan naik Bis, soalnya ada temen yang buru-buru harus balik karena urusan kuliah. Kereta udah ga jual tiketnya, dan satu-satunya cara adalah naik bis. Sayang juga sih cuma semalam di Pulau Sempu. Hmm, maybe next time, dengan membawa kamera yang lebih wokeeee!!! :D

Perhitungan biayanya kira-kira begini (3 hari), dan ini adalah di tahun 2011 jadi pasti harga sekarang sudah melambung tinggi oh tidaaakk:
*) Transportasi
     - berangkat dari jogja-surabaya (kereta ekonomi) @Rp. 40.000,-
     - berangkat dari surabaya-malang (kereta ekonomi) @Rp. 4000,-
     - bayar carteran angkot Rp. 200.000,-
     - sewa kapal Rp. 100.000,-
     - pulang naik bis @Rp 45.000,-
*) Makan @Rp. 100.000,-
*) Perijinan Rp. 50.000,-
   
Tips: 
*) Bawa air minum yang banyak buanget
*) Untuk meminimalisir, tenda, sleeping bag, kompor, dan sebagainya bisa pinjem aja dari temen yang doyan kemping
*) Di Pulau Sempu ga ada peradaban, cuma ada monyet, jadi untuk makan di sana masak sendiri. Bawa bahan-bahan dan bumbu yang praktis tapi tetep sehat dan ngenyangin.
*) Bawa tas plastik besar buat tempat sampah yang nanti dibawa pulang :D seperti pepatah: "leave nothing but footprints, take nothing but pictures, keep nothing but memories" supaya alam tetap bersih dan efeknya buat kita juga
*) Kalau mau pergi dan ga ada yang jaga tenda, jangan lupa tendanya ditutup rapi, beberapa monyet dikabarkan suka klepto

Untuk beberapa hal kaya carteran, perijinan, dan makan bersama, biaya di atas masih dibagi rata 6 orang. Jadi dihitung saja sendiri. Sebenernya murah banget. Kemarin aku cuma bawa Rp. 250.000,- dan itu masih sisa, bisa buat makan sate klathak di Jogja. Pinter-pinternya aja nyiasatin biar liburan keluar kota jadi ga mahal :D

Sekali lagi gengs, ini perhitungan di tahun 2011 yah! 

This entry was posted on Sunday, March 10, 2013 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

5 Responses to “Travel Note - Pulau Sempu (2011)”

  1. next destination for gaburlers nih :')

    ReplyDelete
  2. eh ada aku ada akuu! haha tapi kok ketok lethek yo -___-'

    ReplyDelete
  3. @ria: ho'oh ni bisyak, cewe2 jagoan merambah jawa timur
    @afgan: iya e gan kamu dulu kaya tarzan :(

    ReplyDelete
  4. AAAAAAAAA!!!! Ayo jalan2 lagi nggais!!! :D

    ReplyDelete
  5. @ndonk: ayoookk >.< derawaan...wakatobiiii...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...