death

Kadang aku mikir, kenapa orang menangis pas pemakaman? kalo mau dipikir lagi, orang yang ditangisin udah seneng. karena ga merasa apa-apa lagi, udah ga ngerasa sakit, udah lepas dari beban duniawi, udah menyelesaikan perannya di dunia.

Jadi aku kembali merenungkan, bukan yang meninggal yang ditangisi saat pemakaman, melainkan mereka menangisi diri mereka sendiri. mungkin juga menangisi keluarga yang ditinggalkan, namun terlebih lagi menangisi diri sendiri karena ditinggalkan. mereka takut bahwa saat yang meninggal pergi, tidak akan ada sosok penggantinya, yang mungkin sebagai sahabat mereka, yang mengerti mereka.

Di sini aku nemu sedikit pemikiran dari kematian. bahwa mati pun, sebenarnya manusia takut. takut meninggalkan duniawi, menuju tempat asing yang mereka tidak tahu. apakah surga? apakah neraka? mengapa kematian begitu mengerikan? karena mereka tidak ada bayangan di sana, orang yang mati tidak akan bisa menceritakan pada mereka. manusia hanya berandai-andai dan berimajinasi untuk menjelaskan kematian.

Manusia takut merasa asing.

Pada dasarnya, tidak terlalu beda dengan binatang :)

This entry was posted on Sunday, September 25, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

4 Responses to “death”

  1. kenapa nangis? karena itu perpisahan, perpisahan yang masih mungkin ketemu lagi aja pada nangis. apalagi yang ga mungkin ketemu lagi (di dunia)? tapi tetep "kenapa harus nangis?"

    ReplyDelete
  2. nangis itu adalah satu emosi, di mana dia berada di titik yang lemah dan unaware terhadap sekitarnya. barangkali saat berpisah, dia melepaskan bagian dari dirinya yang ada di orang lain, makanya dia menangis, menangisi sebagian dirinya yang terefleksi di orang yang ditangis. hmmm.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...